Blogspot.com

Cara-cara membuat lingkaran(Circle) di aplikasi AutoCad

Pada kesempatan kali ini komputermiliku akan membahas bagaimana cara membuat suatu lingkaran (circle) di AutoCad. AutoCad merupakan suatu Aplikasi yang sangat berguna dalam dunia desain, baik itu untuk para Arsitek ataupun para insiyur sipil yang merencanakan suatu bangunan, desain suatu denah rumah misalnya.
Pada saat kita mendesain suatu gambar di AutoCad banyak bentuk yang kita buat, baik itu persegi, kotak, segitiga, jajar genjang dan salahsatunya berbentuk lingkaran (Circle). Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk membuat bentuk lingkaran di AutoCad. Cara membuat lingkaran pasti sudah diketahui oleh orang yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi AutoCad, misalnya seorang drafter gambar di suatu perusahaan. Namun bagi kalian yang belum tahu bagaimana saja cara menggambar suatu lingkaran di AutoCad bisa di simak di bawah ini. Cara untuk membuat lingkaran diantaranya ada 4 cara yaitu:
1. Menggunakan cara diameter (d).
2. Menggunakan cara radius (r).
3. Menggunakan cara 2P atau 2 titik.
4. Menggunakan cara 3P atau 3 titik.
Cara-cara menggambar lingkaran diatas tidak selalu semuanya digunakan, melainkan tergantung kebutuhan dan kebiasaan kita menggunakan cara mana yang kita anggap mudah.
Cara membuat lingkaran:
Komputermiliku.blogspot.co.id
 1. Menggunakan cara diameter (d)
Cara/metode ini digunakan pada saat kita hendak membuat sebuah lingkaran dari besarnya diameter lingkaran yang sudah kita ketahui.
Caranya cepatnya:
Ketik "C" Enter >>Klik sembarang>>Ketik pada command bar "d">>Masukan besar nilai diameter

2. Menggunakan cara radius (r)
Cara/metode ini digunakan apabila kita hendak membuat lingkaran dari besarnya nilai jari-jari lingkaran yang sudah kita ketahui.
caranya cepatnya:
ketik "C" Enter >>Klik sembarang>> Masukan nilai jari-jari 
Komputermiliku.blogspot.co.id

3. Menggunakan cara 2P atau 2 titik.
Cara/metode ini digunakan apabila kita tidak mengetahui secara pasti besar nilai jari-jari ataupun besar diameter lingkaran yang ingin kita gambar melainkan dibentuk dua buah titik sebagai patokan yang akan membentuk besarnya diameter lingkaran.
Caranya :
Ketik "C" Enter>>Ketik pada command bar "2P">>Tarik dari satu titik ke titik kedua. 
 
4. Menggunakan cara 3P atau 3 titik.
Cara/metode ini digunakan apabila kita tidak mengetahui besar nilai jari-jari ataupun diameter lingkaran yang ingin dibuat namun lingkaran akan dibentuk mengikuti 3 buah titik sebagai patokan yang akan membentuk lingkaran.
Caranya :
Ketik "C" Enter>>Ketik pada command bar "3P' >>tarik dari satu titik ke titik dua kemudian ke titik ketiga yang akan dibentuk lingkaran. 

Itulah bagaimana cara/metode membuat sebuah lingkaran di aplikasi AutoCad. Sudah saya tulis diatas dimana cara tersebut digunakan tergantung dari kebutuhan kita menggambar  lingkaran atau kebiasaan kita menggambar lingkaran.
Semoga langkah-langkah diatas bisa dipahami dan dimengerti.
Selamat mencoba!
Salam blogger!!!
Labels: AutoCad

Thanks for reading Cara-cara membuat lingkaran(Circle) di aplikasi AutoCad. Please share...!

0 Comment for "Cara-cara membuat lingkaran(Circle) di aplikasi AutoCad"

Back To Top