Blogspot.com

Praktikum Pemeriksaan Bahan Lolos Saringan No.200

Pada kesempatan kali ini komputermiliku.blogsot.co.id akan mebahasa langkah-langkah praktikum Pemeriksaan Bahan Lolos Saringan No.200 setelah sebelumnya membuat postingan praktikum pemeriksaan berat volume agregat. Akhirnya bisa kembali membuat postingan yang baru. Praktikum Pemeriksaan Bahan lolos Saringan saya dapatkan pada saat mengambil mata kuliah Praktik Bahan Konstruksi yang terdiri dari berbagai modul yang berkaitan dengan material bangunan, termasuk modul pemeriksaan Bahan lolos saringan No.200. Tujuan dari praktikum ini yaitu  untuk menentukan jumlah bahan yang terdapat dalam sebuah agregat lewat saringan No.200 dengan cara pencucian menggunakan air. 
Nah,  Bagi kalian yang sedang mencari referensi suatu laporan atau yang sedang mencari langkah-langkah bentukan prosedur Praktikum Pemeriksaan Bahan Lolos Saringan No.200 bisa disimak contoh laporan di bawah.
Tetapi usahakan kalau bisa ketik ulang supaya kita bisa paham mana yang benar dan mana yang salah jangan asal kopas ditelan mentah-mentah,bisa saja ada yang salah dengan praktikum yang saya lakukan,,,,hehe.

PEMERIKSAAN BAHAN LOLOS SARINGAN No.200

1. TUJUAN 
Tujuan dilaksaanakannya praktikum ini yaitu untuk menentukan jumlah bahan yang terdapat dalam agregat lewat saringan No.200 dengan cara pencucian.

2. PERALATAN
Adapun peralatan yang digunakan dalam praktikum ini yaitu:
a.Sekop kecil
Berfungsi untuk mengambil benda uji.
b.Timbangan
Berfungsi untuk menimbang benda uji
c.Talam
Berfungsi sebagai wadah benda uji
d.Wadah pencuci benda uji
Wadah pencuci dengan kapasitas cukup besar supaya pada waktu diguncang-guncangkan benda uji/air pencuci tidak ikut tumpah.
e.Saringan No.16 dan No.200
Berfungsi untuk menyaring agregat
f.Oven
Dilengkapi dengan pengatur suhu pemanas sampai (110 ± 5 )° C


3. BAHAN
Adapun bahan yang digunakn dalam praktikum ini yaitu berat contoh minimum tergantung pada ukuran agregat, dengan batasan sebagai berikut :
a. Agregat kasar (2500 gram)
-Ukuran maksimum saringan No.3/8”   : Berat minimum contoh 2000 gram
-Ukuran maksimum saringan No. ¾”    : Berat minimum contoh 2500 gram
-Ukuran maksimum saringan No. 1/5”  : Berat minimum contoh 5000 gram
b. Agregat halus (625 gram)
-Ukuran maksimum saringan No.8    : Berat minimum contoh 100 gram
-Ukuran maksimum saringan No.4    : Berat minimum contoh 500 gram


4. PROSEDUR PRAKTIKUM
  1. Pertama siapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam praktikum ini;
  2. Kemudian masukan contoh agregat kering dengan berat 1,25 kali berat minimum benda uji kedalam talam (1,25 x 500 = 625 gram)
  3. Apabila agregat dalam keadaan basah maka agregat harus dikeringkan terlebih dahulu dalam oven dengan temperatur ( 100 ± 5)° C sampai berat tetap;
  4. Kemudian masukan agregat kering kedalam wadah dan diberi air pencuci secukupnya sehingga agregat tersebut terendam;
  5. Guncang-guncangkan wadah, lalu tuangkan air cucian kedalam susunan saringan No.16 dan No.200;
  6. Kemudian masukkan air pencuci baru dan ulangi langkah 5 sebanyak 3 x sampai air cucian menjadi jernih dan tidak ada lagi agregat yang tersisa dalam wadah;
  7. Semua bahan yang tertahan saringan No.16 dan 200 kembalikan kedalam talam yang telah diketahui beratnya kemudian keringkan dalam oven, dengan suhu (110 ± 5) ° C sampai mencapai kuat tetap;
  8. Setelah kering timbang dan catat beratnya;
  9. Hitung berat benda uji kering tersebut (W4 = W3 –W2)
5. TABEL LAPORAN
komputermiliku.blogspot.co.id
7. KESIMPULAN
Dari pemeriksaan yang telah di dilaksanakan yang bertujuan untuk menentukan jumlah bahan yang terdapat dalam agregat lewat saringan No.200 dengan cara pencucian didapatkan hasil sebesar 0,67 %.


Itulah contoh laporan/langkah-langkah Praktikum Pemeriksaan Bahan Lolos Saringan No.200. Dengan catatan bahwa praktikum tersebut dilaksanakan dengan seadanya. Bagi kalian yang membutuhkan bisa dijadikan bahan referensi.
Semoga contoh laporan diatas bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Apabila ada kesalahan baik dalam prosedur ataupun perhitungan bisa kalian tuliskan di kolom komentar di bawah, supaya saya bisa memperbaikinya!.
Kunjungi terus komputermiliku.blogspot.co.id untuk artikel yang lainnya!
Indahnya berbagi.
Happy blogging!!!..
Labels: Praktikum Bahan Konstruksi

Thanks for reading Praktikum Pemeriksaan Bahan Lolos Saringan No.200. Please share...!

0 Comment for "Praktikum Pemeriksaan Bahan Lolos Saringan No.200"

Back To Top