Blogspot.com

Praktikum Konsistensi Normal Semen Hidrolis

Pada kesempatan kali ini komputermiliku.blogspot.co.id akan membahas contoh praktikum pemeriksaan konsistensi normal semen hidrolis. Dalam perkuliahan Teknik sipil ada yang di namakan praktikum bahan konstruksi yang terdiri dari berbagai modul praktikum yang berkaitan dengan bahan konstruksi, modul ini termasuk di dalamnya. Tujuan dilakukan praktikum ini yang saya dapatkan yaitu untuk mengetahui konsistensi normal pada suatu semen hidrolis. Bagai kalian yang sedang mencari referensi tentang  prosedur bentukan laporan praktikum ini bisa dilihat di bawah ini.


PRAKTIKUM KONSISTENSI NORMAL  SEMEN HIDROLIS

1. TUJUAN 
Tujuan dari praktikum ini adalah untuk menentukan konsistensi normal dari semen hidrolis untuk penentuan waktu pengikatan semen, dengan menentukan jumlah air yang di butuhkan dalam waktu rencana 30 detik sehingga didapat konsistensi normal.

2. PERALATAN
Adapun peralatan yang digunakan dalam praktikum ini yaitu:
a.Timbangan dengan ketelitian 0,01 gr
b.Alat Vicat
c.Gelas Ukur
d.Alat pengorek (Scrapper) terbuat dari plastik yang agak kaku
e.Cincin konus
f.Sendok perata (trowel)
g.Wadah
h.Sarung tangan karet


3. BAHAN
Bahan yang digunakan dalam praktikum ini yaitu:
a.Semen portland sebanyak ± 500 gram
b.Air Bersih (dengan suhu/temperatur kamar)

4. PROSEDUR PERCOBAAN

PERSIAPAN PASTA
a.Perama siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum;
b. Kemduian masukan bahan  kedalam wadah dengan prosedur sebagai berikut:
-Tuangkan air ± 70 cc
-Lalu masukkan 500 gram semen kedalam air dan biarkan selama 30 detik supaya tercampur..
c.Setelah itu aduk  menggunakan alat pengorek (Scrapper) perlahan selama 1 menit;
d.Apabila bahan sudah tercampur rata, kumpulkan semua pasta yang menempel pada dinding wadah.

PERCETAKAN PADA BENDA UJI
  1. Segera bentuk pasta menjadi bentuk bola   menggunakan kedua telapk ttangan (pakailah sarung tangan). Lemparkan dari satu tangan ke tangan yang lain dengan jarak kira-kira 15 cm sebanyak 16 kali;
  2. Setelah itu tekankan bola pasta kedalam cincin konus dengan satu tangan;
  3. Apabila pasta tersebut  kelebihan/tidak cukup untuk masuk pada lubang, maka ratakan pasta dengan cara meletakan lubang cincin yang besar pada pelat kaca, kemudian potong lebihnya pada lubang cincin yang kecil dengan sekali gerakan;
  4. Usahakan pada saat melakukan pemotongan dan penghalusan hindari tekanan pada pasta.
PENGUJIAN PASTA YANG SUDAH DI CETAK DENGAN ALAT VICAT
  1. Peratama pusatkan cincin berisi pasta tepat berada di bawah batang, lalu tempelkan ujung jarum pada permukaan pasta setelah itu kunci supaya tidak berubah;
  2. Kemudian tempatkannnjarum indicator pada angka nol;
  3. Lepaskan batang dan jarum kedalam pasta;
  4. Konsistensi normal tercapai, pada saat batang dan jarum menembus batas ( 10 ± 1 mm ) di bawah permukaan benda uji dalam waktu 30 detik setelah dilepaskan;
  5. Kemudian lakukan percobaan di atas dengan kadar air ± 85 cc pada pasta yang berbeda sehingga konsistensi normal akan tecapai.
5. TABEL LAPORAN
Komputermiliku.blogspot.co.id
6. KESIMPULAN
Dari praktikum yang telah dilakukan di atas, setelah melakukan dua kali percobaan, maka didapatkan konsistensi normal dengan penurunan  sebesar 1 cm yang terjadi pada waktu 30 detik dengan berat semen sebanyak 500 gram dan volume air yang digunakan sebanyak 85 ml.


Itulah Contoh prosedur Praktikum konsistensi normal semen hidrolis. Praktikum diatas dilaksanakan ada adanya sesuai apa yang di dapat dari praktikum. Maka saya berharap apabila ada kesalahan baik dari perhitungan ataupun prosedur bisa tuliskan di kolom komentar.
Apabila kalian yang membutuhkan bisa dijadikan bahan referensi tetapi kalau bisa ketik ulang supaya kita bisa paham mana yang benar dan mana yang salah jangan asal kopas ditelan mentah-mentah,hehe.
Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua terutama jurusan Teknik Sipil....cie..cie. Apabila ada kesalahan baik dalam perhitungan atau prosedur bisa kalian tuliskan di kolom komentar di bawah, supaya saya bisa memperbaikinya!
Berbagii itu indah!
Happy blogging!


Labels: Praktikum Bahan Konstruksi

Thanks for reading Praktikum Konsistensi Normal Semen Hidrolis. Please share...!

0 Comment for "Praktikum Konsistensi Normal Semen Hidrolis"

Back To Top