Blogspot.com

Bedanya waduk dan Bendungan

Pada kesempatan kali ini komputermiliku.blogspot.co.id akan membahas apa sebenarnya perbedaan dari bendungan dan waduk. Di bawah ini akan diuraikan pengertian dari waduk (reservoir) dan bendungan (dam). Mendengar kata Waduk dan bendungan terdengar seperti hal yang sama bagi kita. Sebenarnya kedua kata ini memiliki arti yang berbeda, namun merupakan suatu hal yang selalu berkaitan satu sama lain.
Bendungan merupakan salahsatu bangunan air yang sangat bermanfaat untuk menampung sejumalah air tertentu di suatu daerah. Misalnya saja di Indonesia banyak di bangun bendungan dikarenakan banyaknya keuntungan yang dapat dimanfaatkan dari dibangunnya bendungan. Baik itu untuk pertanian berupa kebutuhan air untuk mengairi pertanian , pembangkit listrik, ataupun sebagai cadangan air untuk air minum yang dikelola PDAM.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan di uraikan sebenarnya apa perbedaan dari bendungan dan waduk.

1. Bendungan (dam)
Bendungan adalah sebuah struktur yang di bangun di suatu daerah untuk menahan laju sejumlah air menjadi suatu danau, waduk, ataupun tempat rekreasi. Bendungan memiliki sebuah pintu yang disebut pintu air yang berfungsi untuk mengalirkan air yang diperlukan untuk kebutuhan ataupun kelebihan air yang tidak diperlukan dengan cara di keluarkan secara bertahap. Salahsatu fungsi dari bendungan yaitu untuk mengalirkan air untuk menggerakan turbin PLTA (Pembangkit Listrik tenaga Air), untuk menstabilkan aliran air/irigasi, mencegah banjir.

2. Waduk (Reservoir)
Waduk adalah danau buatan atau alam, suatu kolam atau pembendung air sungai yang bertujuan untuk mengumpulkan atau menyimpan cadangan air dari berbagai tempat, baik itu air yang berasal dari aliran air sungai atau air hujan yang terkumpul di suatu tempat yang dinamakan waduk danau. Dengan kata lain,waduk merupakan suatu tempat yang berguna untuk menampung kelebihan air pada saat musim hujan/terjadi kelebihan air sehingga dapat dimanfaatkan pada saat musim kering.
http://komputermiliku.blogspot.co.id

Berdasarkan uraian di atas, maka bisa kita simpulkan perbedaan antara bendungan dan waduk. Bendungan (dam)  merupakan suatu struktur/konstruksi yang di bangun untuk menampung sejumlah air menjadi suatu waduk atau danau. Sedangkan waduk (reservoir)  merupakan genangan air yang terkumpul atau tertampung karena adanya bendungan, baik itu konstruksi bendungan yang sengaja di buat ataupun secara alami.
Semoga bermanfaat.

Labels: Artikel menarik

Thanks for reading Bedanya waduk dan Bendungan. Please share...!

0 Comment for "Bedanya waduk dan Bendungan"

Back To Top