Blogspot.com

Perbedaan antara Bendung(weir) dan Bendungan(dam)

Pada kesempatan kali ini komputermiliku.blogspot.co.id akan membahas perbedaan antara Bendung (weir)  dan Bendungan (dam). 
Di bawah ini akan diuraikan pengertian dari Bendung dan Bendungan serta apa perbedaan keduanya. Bendung dan Bendungan seringkali dianggapp oleh kebanyakan orang merupakan suatu konstruksi yang sama. Seperti halnya perbedaan antara bendungan dan waduk. Namun sebenarnya ada perbedaan dari kedua bangunan baik fungsi ataupun lokasinya.
Membangun Bendung atau Bendungan di suatu daerah merupakan sebuah cara yang diharapkan mampu mengantur sejumlah air supaya lebih terkontrol penggunaanya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini:

1. Bendung (weir)
Bendung (weir) merupakan sebuah konstruksi yang di bangun melintang melintasi aliran  sungai yang berfungsi untu mengubah karakteristik aliran air sungai atau menghalangi air sungai dengan tujuan supaya permukaan air sungai tersebut naik sampai pada ketinggian Bendung itu sendiri. Bendung membiarkan air tetap mengalir meluap melewati bagian tertinggi atas Bendung. Bendung berguna untuk menaikan elevasi muka air agar bisa mengalir ke saluran irigasi. selain itu Bendung juga bisa berguna untuk mencegah banjir, megukur debit sungai, serta memperlambat aliran air sungai ke hilir.

Bendung terbagi menjai 2 jenis:
a. Bendung gerak/berpintu
komputermiliku.blogspot.co.id

Bendung gerak/berpintu merupakan bendung yang memiliki pintu air yang berfungsi untuk mengatur ketinggian air sesuai kebutuhan  dengan cara membuka atau menutup pintu air. Bendung jenis ini biasanya di bangun pada daerah hilir sungai atau di dekat muara sungai. Penggunaan pintu air ini misalkan pada saat banjir di hulu maka bisa diturunkan dengan cara membuka pintu-pintu air pada bendung sehingga air yang terbendung tidak meluap kemana-mana tetapi bisa mengalir ke hilir.

b. Bendung tetap
komputermiliku.blogspot.co.id

Bendungan tetap adalah jenis konstruksi bendung yang di bangun melintang di sungai yang berfungsi untuk meninggikan muka air sungai dengan ketinggian yang telah di tetapkan sebelumnya supaya air dapat tersalurkan ke saluran-saluran irigasi atau lahan pertanian. Bendung jenis ini tidak dapat mengatur ketinggian muka air seperti pada bengung gerak/berpintu. Bendung tetap biasanya di bangun di bagian hulu sungai.

2. Bendungan (dam)
komputermiliku.blogspot.co.id

Bendungan adalah sebuah konstruksi yang di bangun untuk menampung aliran air menjadi suatu waduk, tempat rekreasi atau sebuah danau. Bendungan memiliki bagian yang disebut pintu air yang berguna untuk mengalirkan air yang tidak diperlukan secara bertahap. Fungsi dari dibangunnya Bendungan yaitu untuk menggerakan turbin PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), sebagai cadangan air, Air minum, mencegah terjadinya banjir, tempat rekreasi dll.

Berdasarkan uraian di atas maka dapat kita simpulkan secara sederhana perbedaan antara bendung (weir) dan bendungan (dam) diantaranya pada fungsi serta lokasi dari pembuatan kedua bangunan air ini. Bendung di bangun untuk meninggikan muka air di sungai tetapi air masih bisa melawati ketinggian bendung itu sendiri, sedangkan bendungan (dam) di bangun untuk menahan laju/menampung air menjadi suatu waduk atau danau serta bendungan di bangun di daerah yang dianggap memiliki elevasi permukaan yang mampu untuk dijadikan waduk. Selain itu, dalam hal konstruksi Bendungan (dam) lebih besar daripada bendung (weir).
Semoga bermanfaat bagi!!!

Labels: Artikel menarik

Thanks for reading Perbedaan antara Bendung(weir) dan Bendungan(dam). Please share...!

0 Comment for "Perbedaan antara Bendung(weir) dan Bendungan(dam)"

Back To Top